sejarah blora | jawa tengah

Diposting oleh Dwi Ahmad pada 18:43, 27-Mar-13 • Di: SEJARAH
Assalamualaikum wrwb

lansung saja sebelumnya master harus Follow saya bagi yang sudah silah anu saja


bagi yang belum follow saya minta maaf karena di postingan kemarin kurang terorganisi dengan baik maklum masih newbie

pada kesempatan kali ini saya mau memberikan tentang sejarah blora ya memang ini bukan karya saya karena tidak akan mungkin saya membuat artikel yang pernah di buat oleh orang lain , ok langsung saja ke anunya aja



Sejarah Blora



  • Asal Usul Nama Blora

    Menurut cerita rakyat Blora berasal dari kata BELOR yang berarti lumpur, kemudian berkembang menjadi mbeloran yang akhirnya sampai sekarang lebih dikenal dengan nama BLORA. Secara etimologi Blora berasal dari kata WAI + LORAH. Wai berarti air, dan Lorah berarti jurang atau tanah rendah. Dalam bahasa Jawa sering terjadi pergantian atau pertukaran huruf W dengan huruf B, tanpa menyebabkan perubahan arti kata. Sehingga seiring dengan perkembangan zaman kata WAILORAH menjadi BAILORAH, dari BAILORAH menjadi BALORA dan kata BALORA akhirnya menjadi BLORA. Jadi nama BLORA berarti tanah rendah berair, ini dekat sekali dengan pengertian tanah berlumpur. Blora Era Kerajaan di bawah Kadipaten Jipang Blora di bawah Pemerintahan Kadipaten Jipang pada abad XVI, yang pada saat itu masih di bawah pemerintahan Demak. Adipati Jipang pada saat itu bernama Aryo Penangsang, yang lebih dikenal dengan nama lain Aria Jipang. Daerah kekuasaan meliputi: Pati, Lasem, Blora, dan Jipang sendiri. Akan tetapi setelah Jaka Tingkir (Hadiwijaya) mewarisi takhta Demak, pusat pemerintahan dipindah ke Pajang. Dengan demikian Blora masuk Kerajaan Pajang. Blora di bawah Kerajaan Mataram Kerajaan Pajang tidak lama memerintah, karena direbut oleh Kerajaan Mataram yang berpusat di Kotagede Yogyakarta. Blora termasuk wilayah Mataram bagian Timur atau daerah Bang Wetan. Pada masa pemerintahan Paku Buwana I (1704-1719) daerah

    Blora diberikan kepada putranya yang bernama Pangeran Blitar dan diberi gelar Adipati.

    Luas Blora pada saat itu 3.000 karya (1 karya =¾ hektar). Pada tahun 1719-1727 Kerajaan Mataram dipimpin oleh Amangkurat IV, sehingga sejak saat itu Blora berada di bawah pemerintahan Amangkurat IV. Blora di Zaman Perang Mangkubumi (tahun 1727– 1755) Pada saat Mataram di bawah Paku Buwana II (1727-1749), terjadi pemberontakan yang dipimpin oleh Mangku Bumi dan Mas Sahid, Mangku Bumi berhasil menguasai Sukawati, Grobogan, Demak, Blora, dan Yogyakarta. Akhirnya Mangku Bumi diangkat oleh rakyatnya menjadi raja di Yogyakarta. Berita dari Babad Giyanti dan Serat Kuntharatama menyatakan bahwa Mangku Bumi menjadi raja pada tanggal 1 Sura tahun Alib 1675, atau 11 Desember 1749. Bersamaan dengan diangkatnya Mangku Bumi menjadi raja, maka diangkat pula para pejabat yang lain, di antaranya adalah pemimpin prajurit Mangkubumen, Wilatikta, menjadi Bupati Blora. Blora di bawah Kasultanan Perang Mangku Bumi diakhiri dengan perjanjian Giyanti, tahun 1755, yang terkenal dengan nama 'palihan negari', karena dengan perjanjian tersebut Mataram terbagi menjadi dua kerajaan, yaitu Kerajaan Surakarta di bawah Paku Buwana III, sedangkan Yogyakarta di bawah Sultan Hamengku Buwana I. Di dalam Palihan Negari itu, Blora menjadi wilayah Kasunanan sebagai bagian dari daerah Mancanegara Timur, Kasunanan Surakarta. Akan tetapi Bupati Wilatikta tidak setuju masuk menjadi daerah Kasunanan sehingga beliau pilih mundur dari jabatannya Blora sebagai Kabupaten Sejak zaman Pajang sampai dengan zaman Mataram, Kabupaten Blora merupakan daerah penting bagi Pemerintahan Pusat Kerajaan, hal ini karena Blora terkenal dengan hutan jatinya. Blora mulai berubah statusnya dari apanage menjadi daerah kabupaten pada hari Kamis Kliwon, tanggal 2 Sura tahun Alib 1675, atau tanggal 11 Desember 1749 Masehi, yang sampai sekarang dikenal dengan HARI JADI KABUPATEN BLORA. Adapun Bupati pertamanya adalah WILATIKTA. Perjuangan Rakyat Blora menentang Penjajahan Perlawanan Rakyat Blora yang dipelopori petani muncul pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Perlawanan petani ini tak lepas dari makin memburuknya kondisi sosial dan ekonomi penduduk pedesaan pada waktu itu. Pada tahun 1882 pajak kepala yang diterapkan oleh Pemerintah Penjajah sangat memberatkan bagi pemilik tanah (petani). Di daerah-daerah lain di Jawa, kenaikan pajak telah menimbulkan pemberontakan petani, seperti peristiwa Cilegon pada tahun 1888. [/*]

    Selang dua tahun kemudian seorang petani dari Blora mengawali perlawanan terhadap pemerintahan penjajah yang dipelopori oleh Samin Surosentiko. Gerakan Samin sebagai gerakan petani antikolonial lebih cenderung mempergunakan metode protes pasif, yaitu suatu gerakan yang tidak merupakan pemberontakan radikal bersenjata. Beberapa indikator penyebab adanya pemberontakan untuk menentang kolonial penjajah Belanda antara lain: Berbagai macam pajak diimplementasikan di daerah Blora Perubahan pola pemakaian tanah komunal Pembatasan dan pengawasan oleh Belanda mengenai penggunaan hasil hutan oleh penduduk Indikator-indikator ini mempunyai hubungan langsung dengan gerakan protes petani di daerah Blora. Gerakan ini mempunyai corak MILLINARISME, yaitu gerakan yang menentang ketidakadilan dan mengharapkan zaman emas yang makmur. ↑Kembali Ke Bagian Sebelumnya Situs-Situs Kuno Situs Fosil Fauna Purba Lokasi situs fosil hewan purba terletak di Dukuh Kawung dan Singget, Desa Menden dan Dukuh Sunggun, Desa Medalem, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora. Lokasinya berada di tepian daerah aliran sungai Bengawan Solo dan berjarak kurang lebih 65 km arah selatan dari Kota Blora. Di Lokasi ini telah ditemukan fosil Kepala kerbau purba, kura- kura purba, dan Gajah Purba. Diperkirakan umur fosil antara 200.000-300.000 tahun. Fosil ini awalnya ditemukan oleh penduduk kemudian diamankan oleh Yayasan Mahameru. Sekarang sedang diteliti oleh ahli antropologi dari Bandung, Fahrul Azis dan tim dari Wolongong University, Australia, yang dipimpin Gertz Vandenburg. Situs Wura-Wari Lokasi Situs Wura-wari ini terletak di Desa Ngloram,Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. Haji Wura-Wari adalah penguasa bawahan (vasal) yang pada tahun 1017 Masehi menyerang Kerajaan Mataram Hindu (semasa Raja Darmawangsa Teguh). Saat itu Kerajaan Mataram Hindu berpusat di daerah yang sekarang dikenal dengan Maospati, Magetan, Jawa Timur. Serangan dilakukan ketika pesta pernikahan putri Raja Darmawangsa Teguh dengan Airlangga, yang juga keponakan raja, sedang dilangsungkan. Membalas dendam atas kematian istri,mertua, dan kerabatnya,Airlangga yang lolos dari penyerangan dan tinggal di Wanagiri (di daerah perbatasan Jombang-Lamongan), akhirnya balik menghancurkan Haji Wura- Wari. Namun, sebelumnya Haji Wura-Wari terlebih dahulu menyerang Airlangga sehingga dia terpaksa mengungsi dan keluar dari keratonnya di Wattan Mas (sekarang Kecamatan Ngoro, Pasuruan, Jawa Timur).
    Serangan balik Airlangga,yang ketika itu sudah dinobatkan menggantikan Darmawangsa Teguh, ditulis dalam Prasasti Pucangan (abad XI) yang terjadi pada tahun 1032 M. Serangan itu pula yang memperkuat dugaan batu bata kuno berserakan di sekitar situs tersebut. Situs yang ditemukan tim ekspedisi berada di tengah tegalan, di tepi persawahan, berupa tumpukan batu bata kuno berlumut yang kini dijadikan areal pemakaman. Sejak tahun 2000, telah dikumpulkan serpihan batu bata kuno berukuran 20 x 30 sentimeter dengan tebal sekitar 4 cm, serpihan keramik, serta serpihan perunggu yang kini disimpan di Museum Mahameru. Temuan di situs itu memperkuat isi Prasasti Pucangan bertarikh Saka 963 (1041/1042 Masehi) yang pernah diuraikan ahli huruf kuno (epigraf) Boechori dari Universitas Indonesia. Boechori menyebutkan, "Haji Wura-Wari mijil sangke Lwaram". Mijil mempunyai arti keluar (muncul dari). Hasil analisis toponimi (nama tempat), kemungkinan nama Lwaram berubah menjadi Desa Ngloram sekarang. “Pelesapan konsonan ’w’, penyengauan di awal kata, dan perubahan vokal ’a’ menjadi ’o’ menjadikan nama lama Lwaram menjadi Ngloram sekarang. Penjelasan seperti itu pula yang membantah berbagai pendapat terdahulu yang menyebutkan Haji Wura- Wari berasal dari daerah Indocina atau Sumatera sebagai koalisi Sriwijaya. Cepu memiliki data arkeologis, toponimi, dan geografis kuat untuk melokasikannya di tepian Bengawan Solo di Desa Ngloram. Petilasan Kadipaten Jipang Panolan Petilasan Kadipaten Jipang Panolan berada di Desa Jipang, sekitar 8 kilometer dari Kota Cepu. Petilasannya berwujud makam Gedong Ageng yang dahulu merupakan pusat pemerintahan dan bandar perdagangan Kadipaten Jipang. Di tempat tersebut juga terlihat Petilasan Siti Hinggil, Petilasan Semayam Kaputren, Petilasan Bengawan Sore, dan Petilasan Masjid. Ada juga makam kerabat kerajaan, antara lain makam R. Bagus Sumantri, R. Bagus Sosrokusumo, R. A. Sekar Winangkrong, dan Tumenggung Ronggo Atmojo. Di sebelah utara Makam Gedong Ageng, terdapat Makam Santri Songo. Disebut demikian karena di situ ada sembilan makam santri dari Kerajaan Pajang yang dibunuh oleh prajurit Jipang karena dicurigai sebagai telik sandi atau mata-mata Sultan Hadiwijaya.

    kiranya itu sedikit penjelasan dari sejarah kabupaten blora untuk lebih jelasnya silahkan tanyakan kepada mbah google
    sumber : wikipedia
    Share this : minigoogle.png minigoogleplus.png
    minifacebook.png minitwitter.png
    minilinkedin.png minimsn.png
    miniyahoo.png minisocialrss.png

    sekian postingan dari saya semoga anda mendapatkan apa yang anda cari disini
    mohon maaf jika ada kesamaan judul , peristiwa , dan tempat atau apalah yang sama
    wassalamualaikum wrwb

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

209 tanggapan untuk "sejarah blora | jawa tengah"

Reza RElawan gaZA pada 18:50, 27-Mar-13

ane dari kudus gan. lumayan dket lah.

Heriansyah pada 18:54, 27-Mar-13

Asalamualaikum . . .
Nyimak kawand

bangrajesh pada 18:57, 27-Mar-13

assalamualaikum,.. Mantap mas bro,. Smg sukses2 selalu.. Met malam

PERJALANAN SANG MERPATI PUTIH pada 18:57, 27-Mar-13

met malem sob. BAru tahu deh asal usulnya nama Blora

bangrajesh pada 18:58, 27-Mar-13

assalamualaikum,.. Mantap mas bro,. Smg sukses2 selalu.. Met malam

Dani pada 19:01, 27-Mar-13

Add My PeSBuk => http://fb.me/Dn.hax

arrow http://www.hacker.p.ht/menambahkan-fitur-java-pada-hp-cina.xhtml

Aldy pada 19:10, 27-Mar-13

malam sob,, owhh jadi blora asal -usulnya dari situ tho,,,, mksh bwat infonya sob!

Aldy pada 19:12, 27-Mar-13

malam sob,,, nambah lg deh ilmu, gara -gara mampir di blog sobat,, mantap infonya sob,,

Zizhie pada 19:13, 27-Mar-13

nyimak aja master..ane bukan anak mblora cheesy-grin

Mr brows pada 19:16, 27-Mar-13

wah nyimak aja gan..

Http://s60user.heck.in

Saun the shep pada 19:18, 27-Mar-13

Pekalongan hadir gan.
Maaf telat 1 jam.smile

Suhendi kenzi pada 19:29, 27-Mar-13

knjungan malam sob,
nyimak dlu nih

Music Cool pada 19:30, 27-Mar-13

Kurang tau sob ane tentang blora, tapi setelah membaca artikel ini ane sedikit tau biggrin

BloG CapunG pada 19:32, 27-Mar-13

oh gitu y gan ane jadi tahu sejarahnya blora.
Jangan lupa mampir ya gan ke

www10.heck.in

arnold ary pada 19:40, 27-Mar-13

Mantap infonya, wong solo surakarta jadi ngerti tentang sejarah blora, tetap berkarya masta

Ryel pada 19:46, 27-Mar-13

hadir gan. Maaf lg buru2..

Agus Hambali pada 19:52, 27-Mar-13

Anu anu anu anu

Gandul pada 19:53, 27-Mar-13

Woww tak lebokne neng koleksi sejarahku..siep..

irfannudin pada 20:02, 27-Mar-13

keren sob,, ane juga pengen posting tentang daerah ane, tp apa daya HP ane HP China terbatas textnya jd gak bisa posting panjang2..#Curhatneutral

mas GondrongPoni pada 20:05, 27-Mar-13

hemm sejarah blora ternyata menarik jga sob. Iya saya malah baru tahu, dulu mataram sampe mencakup blora.



right-arrow http://daunpepaya.heck.in

right-arrow Tempat Download Hip Hop Jawa dan Indo GratizZ

Wapcom pada 20:05, 27-Mar-13

Selamat Malam Mas Bro....

Haha...

Ane nyimak ae...biggrin

Phejhenkbocahrantau pada 20:12, 27-Mar-13

Lapor gan blog ini sukses ane folow dan bila berkenan folobek ea ganbiggrin

arizall pada 20:12, 27-Mar-13

wah...selama ne ane cuma dengar namanya saja....karena postingan sobat saya jadi tau....

rafie pada 20:14, 27-Mar-13

redface mantap sob infonya

arrowKunjungan malam hadir sob.
http://rafie.heck.in/thema-angry-birds-s60v3-full-icon.xhtml

Alisahool s40 pada 20:18, 27-Mar-13

ane berkunjung seperti biasa brow dan buat ente nya sukses selalu

Intan Baiduri pada 20:21, 27-Mar-13

Assalamu'alaikum wr wb
mt mlm masta
owh g2 sjarah'a,
brarti hmpir sma "Wai" i2 bhasa lampung jg yg arti'a air.
Mantap masta jd thu ne

Artha Prissa pada 20:22, 27-Mar-13

Oh ternyata anunya itu di situ y kk...
Thx atas anunya. Membuka anu jg...
Anu jd bertambah dech...

Klo mw baca anu, monggo ke anu q di http://arthaprissa.pun.bz

thx... Salam anu... biggrin

Artha Prissa pada 20:24, 27-Mar-13

Oh ternyata anunya itu di situ y kk...
Thx atas anunya. Membuka anu jg...
Anu jd bertambah dech...

Klo mw baca anu, monggo ke anu q di http://arthaprissa.pun.bz

thx... Salam anu... biggrin

ewans pada 20:26, 27-Mar-13

Jadi tau ane.. Skrg! Mksh dah berbagi gan

kamandanu pada 20:31, 27-Mar-13

hadir kunbal sob ,, ane nyimak aj ,, follow sukses sob folback ya

STEWARS BLOG SETENGAH WARAS pada 20:32, 27-Mar-13

sesuatu nech keakx. . razz

Ady Magica pada 20:33, 27-Mar-13

Baru tau gan sjarahnyasmile

jangan lupa datang ya kBlog q.

IRUL ARIEF pada 20:40, 27-Mar-13

informasi yang menarik niech sob!!cool


makasih ya sob sudah berbagi!!


SALAM MWB!!

Fanny Ghustaman pada 21:05, 27-Mar-13

nice article sob....

Jokotole pada 21:13, 27-Mar-13

ok sob thanks sjarah yg ane emank suka.asal tahu sjarah anunya sj biggrin

GAMES WORLD pada 21:14, 27-Mar-13

Ciao Amico biggrin

Wah Makasih Sob Tentang Sejarahnya
Buat Tambah Ilmu
Ditunggu Kunbalnya
New Post
Game Mancing
http://gamesworld.heck.in/off-the-hook-fishing2-java.xhtml

Grazie

Ibnuh pada 21:19, 27-Mar-13

aha, ane gak ngerti postingannya

Amir zou pada 21:24, 27-Mar-13

hadir sob
Postnya mantap
Sukses terus buat blognya

Ronni Khoironni pada 21:25, 27-Mar-13

oo Blora , My City

roman pada 21:30, 27-Mar-13

Kunbal gan biggrin

mantap gan..jadi tau..
Folbek ya..

roman pada 21:36, 27-Mar-13

Kunbal gan biggrin

mantap gan..jadi tau..
Folbek ya..

roman pada 21:40, 27-Mar-13

Kunbal gan biggrin

mantap gan..jadi tau..
Folbek ya..

Ryan Cyber Blog pada 21:40, 27-Mar-13

blora itu perbatasan jatim ama jateng...!!!

Benar gak gan...

http://wonosarizone.mywapblog.com/font-electro-harmonix-v8-3-by-ihint.xhtml

roman pada 21:42, 27-Mar-13

kunbal gan..
Mantap biggrin

Folbek ya

roman pada 21:46, 27-Mar-13

kunbal gan..
Jangn lupa folbek

Fajarh007 pada 21:47, 27-Mar-13

Mantap lah infonya biggrin

fachmy pada 21:51, 27-Mar-13

sangat menarik sekali

нαηggα pada 22:00, 27-Mar-13

aku ijin anu dulu ya master mrgreen di tunggu komen baliknya di anuku cheesy-grin jangan lupa follow
http://hangga.yu.tl

Eko Ichsan pada 22:05, 27-Mar-13

Wah temamu seger

Rofiun Darojatul Ula pada 22:06, 27-Mar-13

nyimak kawan

supari end pada 22:16, 27-Mar-13

kunjungan malam shobt mo anu dulu shobt di artikelmu

Ananda Syareh pada 22:17, 27-Mar-13

Bagus sob kunjung blik y http://dikyananda.pun.bz/

yogiazanda pada 22:22, 27-Mar-13

m<text area cols="20" rows="2"> <img src="http://yogiazanda.heck.in/files/coollogo-com-196593625.gif" />

</text area>
antap sobat slamat malam sukses slalu dan salam sejahtera.

Emiesahabatmaya pada 22:26, 27-Mar-13

Kunjungan mlm,nyimak aja sob,..

jamal yamand pada 22:33, 27-Mar-13

oh begono ya sob..
Baru tau ane..

Phejhenkbocahrantau pada 22:51, 27-Mar-13

Krenz gan info nya. Ngomong" agan nie orang bloro ea ganbiggrin

Elzindanz pada 22:51, 27-Mar-13

Temen chating ane kebanyakan dari Blora sob..
Tq sejarah na..ane jd tau dah

http://elzindanz.mywapblog.com/trik-gratis-internet-telkomsel-tanpa-pak.xhtml

admin pada 23:10, 27-Mar-13

mantabs sob...panjaaang asal usulnya...mari lestarikan budaya kita...sukses sob

gamer pada 23:10, 27-Mar-13

pollow sukes. Ditunggu pollbeknya sob smile

admin pada 23:11, 27-Mar-13

mantabs sob...panjaaang asal usulnya...mari lestarikan budaya kita...sukses sob

RuziQu pada 23:17, 27-Mar-13

nice gan... d tnggu follback nya yah....

Aron pada 23:49, 27-Mar-13

g0od anunya gan.?

D,tnggu kunbalnya

aldy pada 23:55, 27-Mar-13

sorry kang dingklik.heck.in saya telat,soalnya banyak urusan di dunia nyata,,terimakasih atas kunjungannya,,like it sejarah blora.. Izin nyimak biggrin

Is kepetz ferryans pada 00:14, 28-Mar-13

Maaf baru hadir bos... Biasa anak METAL kalo keluar dini hari... Bagus postnya gan...

Keep on rockin gan

~SALAM SATU JIWA~

Is kepetz ferryans pada 00:14, 28-Mar-13

Maaf baru hadir bos... Biasa anak METAL kalo keluar dini hari... Bagus postnya gan...

Keep on rockin gan

~SALAM SATU JIWA~

gamer pada 01:24, 28-Mar-13

nyimak sob, ternyata sejarah blora menarik juga,

Bathik Madrim pada 03:08, 28-Mar-13

semanagt pagi mas boss.
Mantap mas boss.



http://bathikmadrim.pun.bz/xxx.xhtml

Esaa pada 03:18, 28-Mar-13

Oohhh...
Jadi Blora asal namanya dari situ yaa....

Btw,, makasih ya kunjungannya di http://esa067.mywapblog.com

gw tunggu kunjungan berikutnya yahh...

User Mwb pada 05:23, 28-Mar-13

Sekarang jdi tahu ane sejarahnya Blora

anzali pada 05:33, 28-Mar-13

Kunjungan pagai masters.cheesy-grin

anzali pada 05:45, 28-Mar-13

Kunjungan pagi.

Optimus prime pada 05:52, 28-Mar-13

owh gitu yah,mantap lah

slymy pada 05:53, 28-Mar-13

good info to share... sop. !! smile

Leondroid pada 05:55, 28-Mar-13

android nyimak n hadir ..,

http://leondroid.ksua.us

zigenraikage pada 06:11, 28-Mar-13

mantap biggrinbiggrinbiggrinbiggrinbiggrinbiggrinbiggrin KUNBAL YA GAN....

δiзиб ряздкнзя pada 06:12, 28-Mar-13

Wah baru tau gan blora ternyata ,,
Dulu pernah ziarah dsitu smile ..
Salam gan dari DIENG biggrin

QCly pada 06:13, 28-Mar-13

wah pengetahuan baru nih sob,,

makasih infonya sob, biggrin

Risky Dhe pada 06:26, 28-Mar-13

wah, jadi inget waktu pelajaran sejarah di sekolah deh, hehe smile
nice post gan

Alfinli v7x pada 06:35, 28-Mar-13

weh mantep sob

Andie Zyodiablo pada 06:47, 28-Mar-13

Wah panjang jg ysmile ampe pegel... Hadir lg untkmusmile smbil ngajak mampir biggrin

Edy fitra pada 07:02, 28-Mar-13

Owh ternyata asal asul blora itu to.



Wach jadi tambah pengetahuan sejarah ni.



thanks infonya gan ... smile

SapuJagad pada 07:07, 28-Mar-13

Hadir....heheheeeee
telat........

SapuJagad pada 07:12, 28-Mar-13

Hadir...

Ai Mobile ツ pada 07:12, 28-Mar-13

Fosilnya sekitar 200.000-300.000 tahun ?! Wowwwwwww ....

ANSAR pada 07:18, 28-Mar-13

nice post.!boss.... Mau nanya nich?? Gimana cara pasang gambar di bagian header blog yang setiap jamnya ganti otomatis??

igohero pada 07:34, 28-Mar-13

Kunjungan pagi zob..
ditunggu kunbalnya..
http://igohero.mywapblog.com

Apuyizm26 pada 07:38, 28-Mar-13

master, postingan ane hilang satu n ga bisa terbit ulang, kenapa yah? jawab di blog ane

http://apuy-kuswara.mywapblog.com/

fatur99 aie93 pada 07:48, 28-Mar-13

hmm... Yo kui to

MYPHON pada 07:51, 28-Mar-13

top margotop masta post ea

siswoFR pada 07:58, 28-Mar-13

mantap sobat, jgn lupa berkunjung. smile http://siswomobile.heck.in/kumpulan-opera-mini-handler-untuk-semua.xhtml

budak al kholaf pada 07:59, 28-Mar-13

kunjungan perdana..
Nice gan post nya..
Menambah wawasan..

kalau ada waktu datang ya ke gubuk ane..
http://al-mukhtar.mywapblog.com/pemutar-musik-keren-kxting-v2-0-untuk-s6.xhtml

anzhar pada 08:11, 28-Mar-13

hadir sekalian ngopi.smile

kunbal:
arrowhttp://www.anzhar.com/font-ttf-choco-cooky-v8-3-lite-by-ihint.xhtml

All About Symbian (s60v3) Hacked

ozy rizka pada 08:12, 28-Mar-13

Wah sobat yang satu ini kaya jurnalis aja..mantap..
ditunggu anunya ya zob

http://ozyrizka.mywapblog.com/cara-menambah-bingkai-dan-backgrund-di-menu-navigasi.xhtml

Phantom SaRDeath pada 08:18, 28-Mar-13

Baca dulu ah ,soalnya seru nih ceritanya

avsek cuitz pada 08:32, 28-Mar-13

hdir boz...

Sip....

viroez85™ pada 08:36, 28-Mar-13

m'f sob baru bisa mampir sekarang, maklum trik diTKP ane pada co.id N juga banyak kesibukan dinyata, smile
m'f skali lg karna gak bisa lama" cz ge banyak yg update juga difollowers ane, cheesy-grin
salam sukses slalu z buat admin N blog ini, N kalau sempat, diharapkan juga untuk mampir ditempat/blog saya : wassalam smile

STEKENT blog pada 08:56, 28-Mar-13

gilaaaaaaaa panjang amat sob... mrgreen tapi ane slalu hadir memberi keramaian blog kauant..

jeky pada 09:19, 28-Mar-13

met siang sob, mf ya tlat,sjarah bloranya mantep

SemaraGEDE pada 09:25, 28-Mar-13

Kunjungan pagi gan,
Di tunggu kunbalnya ea,

avsek cuitz pada 10:02, 28-Mar-13

hdir boz...

Brkunjung mak'f aq tlat..

yogiazanda pada 10:24, 28-Mar-13

postinganxa mantap master.trmaksih atas knjngan master.saya baru belajar mohon petunjuxa master.salam sejahtera dan sukses selalu.

rEtRy99 pada 11:58, 28-Mar-13

ceritanya seru sob,kq tau si asal muasalnya pzt sejarahwan nie hehehe
Tetap semangat dan lanjutkan karyanya sob

Trik Internet Gratis

right-arrow http://warrock99.mywapblog.com

Salam kopi hitam

LexBob Sunda Reggae pada 12:30, 28-Mar-13

Sob izin anu dulu ya.

jangan lupa mampir di anu ku ya

Radika Iranda pada 12:45, 28-Mar-13

Makasih infonya sob
Jadi tahu nih sejarahnya smile
Ditunggu kunbalnya

Dewa Mensa pada 13:20, 28-Mar-13

Kunjungan Siang Gan !!

mampir ya Ada New Post

http://dewa-mensa.heck.in/99-lagu-qosidah-sholawat-langit-habib-sy.xhtml

Raitokun pada 13:30, 28-Mar-13

Ijin nyimak sob,, smile,follback ditunggu.

Raitokun pada 13:35, 28-Mar-13

Ijin nyimak,,, sudah sy follow smile, jika berkenan follbacknya sob,,

Rahmad Triaji pada 13:49, 28-Mar-13

kunjungan siang sob...l

Amat Sableng pada 13:52, 28-Mar-13

nyimak sob

riniwp pada 14:03, 28-Mar-13

Trim's banget infonya..
brarti dekat Semarang ya sob ?
Udaranya panas gak ya di Blora ?

Aditya666 pada 14:51, 28-Mar-13

oh jadi gitu sejarahnya,baru tw ane..

Jangan lupa mampir gan..

keroro pada 15:41, 28-Mar-13

mantap gan,ane nyimak dlu nh gan

hoki99dotcom pada 15:49, 28-Mar-13

Salut buat agan, ternyata di jaman ini masih ada orang yang tahu dan mau mencari tahu tentang sejarah. Teruskan gan.

rizQ prayogo pada 16:03, 28-Mar-13

KUN. Sore sob..!! keren postinggannya euy smile jgn lpa kunbal http://rizqprayogo.mywapblog.com

rizQ prayogo pada 16:03, 28-Mar-13

KUN. Sore sob..!! keren postinggannya euy smile jgn lpa kunbal http://rizqprayogo.mywapblog.com

Dewa Mensa pada 16:07, 28-Mar-13

Kunjungan Sore Gan ! !
Maaf Baru Bisa Hadir
Nice Post

Mampir ya Ada New Post Nie !

http://dewa-mensa.heck.in/99-lagu-qosidah-sholawat-langit-habib-sy.xhtml

DZIKIR DAN DOA NABI MUHAMMAD pada 16:37, 28-Mar-13

Selamat Sore Kawan, mungkin doa ini ingin anda amalkan, silahkan mampir razz

Dzikir Dan Doa : Doa Menjelang Sore

http://dzikirdandoa.mywapblog.com/dzikir-dan-doa-doa-menjelang-sore.xhtml

Ma'af ya biggrin

Gus Dharma pada 16:48, 28-Mar-13

Maaf baru bisa berkunjung kawan smile
Sukses selalu ya buat blog dan admin nya wink

alitfals pada 16:48, 28-Mar-13

kunjungan sore gan...
,mantep nih nyimak sob,,seringg'' posting ia byr blog agan sering nongol di blog ane ,,
,

Gus Dharma pada 16:48, 28-Mar-13

Maaf baru bisa berkunjung kawan smile
Sukses selalu ya buat blog dan admin nya wink

Gus Dharma pada 16:49, 28-Mar-13

Maaf baru bisa berkunjung kawan smile
Sukses selalu ya buat blog dan admin nya wink

Endra Rosemary pada 17:35, 28-Mar-13

panjang banget ya, sejarahnya blora

Cibubuan pada 17:49, 28-Mar-13

Ora mudeng sob

Amirdjoemiran pada 18:10, 28-Mar-13

Kunjung sore gan joos

ндliм мøвilз вløб pada 19:19, 28-Mar-13

Kunjungan malam sob...maaf selalu telat hadir nya sob, nice post nya sob

Salam Berbagi Silaturahmi Sobat,

sALKOMSEl


Update Terbaru :
arrow Cara Membuat kata di bawah Header atau Judul pada Mywapblog

arrow http://kondangan.heck.in/cara-membuat-kata-di-bawah-header-atau-j.xhtml

Bagus simple pada 20:07, 28-Mar-13

kunjungan amalam gan....
mantappppp

HAIT pada 21:33, 28-Mar-13

Hait dr madura sob ,tp tinggal di pati biggrin mayan dket

fikoboyz pada 21:37, 28-Mar-13

kunjungan mlm,o gitu y asal usulnya..jd tau ni..kunbal ya..

Bagusimple pada 22:09, 28-Mar-13

saling menyapa dan menjalin silaturahmi smile

Joey Highwind pada 22:33, 28-Mar-13

mantap infonya gan,,keep update n tetap semangat

visit
http://joey87.heck.in
Free Download Movie Box Office Collection™

restu mlh pada 00:18, 29-Mar-13

kunjungan malam sob..

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx pada 00:41, 29-Mar-13


smilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmile
makasih sejarahnya mazzz.Ditunggu kehadirannya & kunjungan baliknya ya

http://serpihanfb.mywapblog.com/kunjungan-m-eraga-sukma-yang-pertama-kal.xhtml

Kode Rahasia HP Nokia ,hp Cina ,Sony Ericcson lebih Lengkap & Lebih Detail ?
boleh dipasang di navigasimu
http://serpihanfb.mywapblog.com/kode-rahasia-hp-lengkap-nokia-lebih-deta.xhtml

Jaey McDonald pada 00:47, 29-Mar-13

Kunjungan mlm sobat

infony bagus, ane jd knal dkit ttg blora
Mksh ya sob udh berbagi

EdyzXcyber Blogs pada 01:08, 29-Mar-13

Kunjungan malam gan!
Nambah pengetahuan, Nice post!

right-arrow Ditunggu kunbal'a...
Thanks... left-arrow

xtream pada 06:08, 29-Mar-13

mantap gan , biggrin

http://xtream.heck.in/trik-gratis-scfb-masteng-download-via-uc.xhtml

xtream pada 06:08, 29-Mar-13

mantap gan , biggrin

http://xtream.heck.in/trik-gratis-scfb-masteng-download-via-uc.xhtml

IRSAD SENSEI pada 06:49, 29-Mar-13

nyimak aja gan
ditunggu kunbalx di
http://animego.pun.bz/naruto-shippuden-306-sub-indo.xhtml

Bengratis Internete pada 06:53, 29-Mar-13

banyak bngt gan artikelnya

jngn lupa kunbalnya

prasetyo pada 08:35, 29-Mar-13

Kunjungan pagi gan. . Manteb infonya. . Kalo ada waktu berkunjunglah ke blog sederhanaku. . .

musik indonesia pada 08:35, 29-Mar-13

Ajib

Promotor Blog MWB pada 08:41, 29-Mar-13

mampir ya, ada
percakapan 4 hewan pembenci manusia (Diterbitkan)
Tanggal: 08:31 AM, 29-Mar-13
Kategori: kocak
Comment: 0

Rangga Deg pada 08:41, 29-Mar-13

Nyimak..

Rangga Deg pada 08:46, 29-Mar-13

Anu nya dah sukses... Anu back nya gan..

husin pada 08:50, 29-Mar-13

Sukses gan, ane sudah follow blog you

Afiqz pada 09:07, 29-Mar-13

Kunjungan pagi Mantap gan infnya maaf telat

avsek cuitz pada 09:11, 29-Mar-13

oke boz...

Sip... Folow sukses... Folbeck nya....

Trimakasih

Kumprunk Dinda Berbagi Tips N Trik pada 09:12, 29-Mar-13

wah sejarahnya panjang amat sob...,
Samapai cape.. razz

S60v2 Area pada 09:12, 29-Mar-13

nice info.x sob.
hdr memenuhi undangan

кїnoэy pada 09:21, 29-Mar-13

gitu ya gan sejarahnya mangsteb2

fatchan pada 09:27, 29-Mar-13

oh gitu critanya

arie pada 09:30, 29-Mar-13

nieh bneran ea br0w

Irham pada 09:32, 29-Mar-13

Mantap gan infonya ditunggu kunbalnya

KACANGOTHIC pada 09:45, 29-Mar-13

hadir lurr
mantab info nya

Bagusimple pada 09:48, 29-Mar-13

kunjungan sob...
nicee

FOLBEK nya d tunggu

Ibra pada 09:51, 29-Mar-13

hadir sob.. sukses s'lalu.. thank udah mampi ke blog ane tadi mrgreen

Nurjaman98 pada 09:57, 29-Mar-13

mantap nie sejarahnya.

Ahmad Zaehahn pada 09:59, 29-Mar-13

lapor ,follow+rating sukses bro ,

dan dalam jangka waktu 1x24 jam belum juga di folbek ,akan saya hapus . . .

aditya pada 10:01, 29-Mar-13

Mantp bgt ne post gan..

Injin flow master..bila da wakt flow back n kunjung slu dt4 aq..

http://aditbirdkicau.mywepblog.com

L Ryuuzaki pada 10:08, 29-Mar-13

bagus ni buat nambah pengetahuan biggrin

PUTRA pada 10:11, 29-Mar-13

PekalonganᅫHadirᅫGAnᅫWalauᅫYangᅫTerakhir lol

PUTRA pada 10:11, 29-Mar-13

PekalonganᅫHadirᅫGAnᅫWalauᅫYangᅫTerakhir lol

PUTRA pada 10:15, 29-Mar-13

Pekalongan hadirᅫGanᅫWalauᅫYangᅫTerakhir

PUTRA pada 10:26, 29-Mar-13

Pekalongan Walau telat ttep mampir

PIC2RE pada 10:39, 29-Mar-13

Gitu ceritanya gan , jadi tau saya . Makasih atas infox n kunbl di tunggu !

PIC2RE.PUN.BZ

Afaaf Noyama pada 11:04, 29-Mar-13

Sipp tambah anunya, kunbal dari anu gan mrgreen

PAPA REYHANZ pada 11:06, 29-Mar-13

PAPA TUNGGU POSTING SEJARAH KOTA-KOTA LAINNYA.
NICE POST SEMRAWUT!

SALAM SANTUN

Dont Touch Me pada 11:12, 29-Mar-13

Btw kon iki arek blora opo kang

Diif Giga pada 11:22, 29-Mar-13

mantap sejarahx

Namikaze Bima pada 11:34, 29-Mar-13

hadir

gembelsukses pada 11:37, 29-Mar-13

keren keren gan

follbacknya masih di tnggu

Muhammad Arbain pada 12:37, 29-Mar-13

Kunjungan Siang Sooob
Sekedar mau jalan-jalan aja, cari info


Ditunggu Kunbalnya ke sini yaa.. . .

http://arbain.mywapblog.com/

ghie pada 12:44, 29-Mar-13

wah nambh wawasn nih

BERXCO SUNDANESE pada 12:50, 29-Mar-13

Indonesia akan kaya sejarah dan budaya..

syam pada 13:12, 29-Mar-13

kunjungan balik,nice post sob,mgkn ga lama lg q tggal d blora. Udah tak follow, thx kunjunganx.

jitu warangka pada 13:21, 29-Mar-13

Mantaf brother..sejarahnya

jay screamo pada 13:26, 29-Mar-13

Nmbah pngetahuan nie brad biggrin dtnggu follback nya

DAELAND ROCKNEVER DIEZ pada 13:47, 29-Mar-13

.luar biasa master :p ..
.pokok.a T.0.P dah yg punya blog ini,
.jangan lupa mampir => syukronadlan.mywapblog.com

.jangan lupa folback.a yah biggrin ,

rizQ prayogo pada 14:30, 29-Mar-13

KUN. Sore sob..!! keren infonya euy smile jgn lpa kunbal http://rizqprayogo.mywapblog.com

Jalukaneati pada 14:44, 29-Mar-13

kunjungan sore

smilemantap nic postinganya..ada yang br digubuk ane ditunggu kunbalnyasmile

Wira Dwi Susanto pada 15:01, 29-Mar-13

Kunjungan sore gan...
Nice Post... biggrin
Ditunggu kunbalnya... biggrin

Setia Dc Hc pada 15:29, 29-Mar-13

hadir...sory telaatbiggrin

Postingan baru down-arrow
www.setiahack.p.ht/modding-6-navibar-khusus-e63-e71-setia-d.xhtml

chan pada 15:33, 29-Mar-13

anu gan,, hadir kunjungan perdana,,

wuah bermanfaat bnget,, nambah pengetahuan..

Margotop dah gan post nya,,

oh anu gan,
kalau ada waktu mampir ya di gubuk ane..

http://sungaiaur.mywapblog.com

ade lukmana pada 16:03, 29-Mar-13

hadir master , ,

maaf telat . . biggrin

мαsτα мzи pada 16:19, 29-Mar-13

Good Job Sob
Salam sukses

Aditya666 pada 16:45, 29-Mar-13

Hadir sob..

Perajurit mr.arvind datang..
Sukses terus buat blog nya..

Jangan lupa mampir yo

bhotca pada 16:47, 29-Mar-13

maz broo ma'afin y kdatangan ane telat cz hp-nya lagi direnovasi.. Jdi mhon dimaklumi.. Trims..

balax6 pada 18:04, 29-Mar-13

Mksh infonya, dtunggu info2 sejarah tentang daerah lainya smile

PUTRA pada 18:32, 29-Mar-13

Kunjungan malem masta


kunbal ya sob
right-arrowhttp://putrahackers.heck.in/

keroro pada 19:09, 29-Mar-13

kunjungan malam gan. . .
Wow udah bnyk bgt nh yg komen. . .
Ane ijin anu dlu gan

Admin The Peace Love pada 19:11, 29-Mar-13

nambah" ilmu sob,,jangan dilupakan sejarah lol ,mampir yha ke blog q

ilham ariyat pada 19:12, 29-Mar-13

mantap gan ! Semoga sukses selalu....cool

Agus Hambali pada 19:14, 29-Mar-13

Css nya Sama banget Kayak Blog saya..??

Wapcom pada 19:23, 29-Mar-13

Hadir master...
Makin lama makin ajib aja ne blog...

Hehehe....biggrin

Mantap...biggrin

muiezramadhanz.heck.in/paket-sms-three-wapcom.xhtml#comments

Ron's70 pada 19:24, 29-Mar-13

Selamat malam aja sob....
Sperti nya saya datang untuk menyempurnah kan undangan dari kamu sob. Mantap artikel nya, semoga sukses slalu ea? Dan bisa mmbuat postingan yang lain dari pada yang lain, thank's.... smile

santri xsell pada 19:44, 29-Mar-13

SaNtrI hADIR Tuk Menyimak
Postingan Sobat Yang Mkin Hari
Makin Top MANTAAAAAP AJA
......_
......../..(|
.......(....:
.....__\....\.._____
...(____)...`|
..(____)|....'|
...'(____).__|
....(___)__..|_____
Ditunggu
╔╗╔╦══╗╔═╦═╦══╗
║╚╝║╔╗╠╝─╠═╣─║║
║╔╗║╠╣║║─║║║─═╣
╚╝╚╩╝╚╩══╩═╩═╩╝nya
Sob Diblog Saya

santri xsell pada 19:45, 29-Mar-13

SaNtrI hADIR Tuk Menyimak
Postingan Sobat Yang Mkin Hari
Makin Top MANTAAAAAP AJA
......_
......../..(|
.......(....:
.....__\....\.._____
...(____)...`|
..(____)|....'|
...'(____).__|
....(___)__..|_____
Ditunggu
╔╗╔╦══╗╔═╦═╦══╗
║╚╝║╔╗╠╝─╠═╣─║║
║╔╗║╠╣║║─║║║─═╣
╚╝╚╩╝╚╩══╩═╩═╩╝nya
Sob Diblog Saya

saniVers pada 20:00, 29-Mar-13

mantaf ane tunggu kunbalnya

Arietoyozy pada 20:35, 29-Mar-13

wah mas anu anu...
Ane kagak ngerti yg beginian biggrin sukses ya.

Ilham pada 20:57, 29-Mar-13

aq wong mbloro mas

mr ωαηx pada 21:06, 29-Mar-13

Kunjungan genk, biggrin
Jgn lupa hadir di
www.androidapp.yu.tl

Shine pada 22:21, 29-Mar-13

Nyimak sob.. smile

Riedo Moujexs pada 02:46, 30-Mar-13

kunjungan subuh gan !

Agus Hambali pada 07:05, 30-Mar-13

Folbex Dong..!!
kan blog ini udah ane follow..

avsek cuitz pada 07:21, 30-Mar-13

kyak pc gtu boz....

Kalau di buka trus di suruh memasukan paswort..

Ya dah boz... Trimakasih kunjunganya..

Ilman putara newbi pada 07:34, 30-Mar-13

mantep kang

Afiqz pada 07:54, 30-Mar-13

Kunjungan pagiii gan nymak aja?

trimo ingg pandoem pada 15:43, 01-Apr-13

w0ow..
Jadi bgitu ea 0m, sjarah bl0ra.
Anu saya jadi pegel nih, abis mbaca sgitu pnjang'nya artikel. Wkwk
tpi ttep mnarik & brmanfaat bgd nih 0m.
Salam anu! Haha

gito pada 21:01, 12-Apr-13

sy baru tau sjarah blora,pdhal sy asli Cepu,sukron akhy atas info'a

nita nurcahyani pada 16:40, 18-Sep-14

aku dari blora ,,, siiip

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)